BANK JATIM


BANK JATIM


Salam SPORTIF 6
    Nah guys..kita ketemu lagi nih,pada kali ini kami akan memperkenalkan lebih dalam lagi kepada kalian,khususnya para pelajar tentang Bank Jatim.Pastinya beberapa diantara kalian semua sudah tahu seputar Bank Jatim.Bank Jatim adalah salah satu Badan Usaha Milik Daerah yang berbentuk Perseroan Terbatas(PT) berupa perbankan yang dimana beroperasi di kawasan Jawa Timur.Di Jawa Timur,kantor cabang Bank Jatim tersebar luas dikota-kota dan tercatat ada 42 kantor cabang.Di Kota Kediri,kantor cabang Bank Jatim berada di Jln. Pahlawan Kusuma Bangsa No 122.

    Ngomong-ngomong mengenai manajemennya,Bank Jatim memiliki susunan manajemen yang terstrukur dan terprogram,yaitu sebagai berikut :

    Dewan Komisaris sebagai pemegang saham yang terbagi menjadi tiga bagian,yaitu :

    1. Komisaris Utama
    2.Komisaris
    3. Komisaris Independen
    4. Dewan Pengawas Syariah
    Direktur Utama sebagai pimpinan bank yang terbagi menjadi empat bagian,yaitu :
    1. Direktur Ritel Konsumer dan Usaha Syariah
    2. Direktur Menengah Korporasi
    3. Direktur Manajemen Risiko
    4. Direktur Keuangan
    5. Direktur Operasional
    6. Direktur Kepatuhan dan Human Capital
    7. Sekretaris Perusahaan

    Menurut sejarahnya, PT Bank Jatim didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 dengan akta yang dibuat oleh Notaris Anwar Mahajudin, No. 91 tanggal 17 Agustus 1961.Tidak itu saja guys. Bank Jatim memiliki Visi menjadi "BPD No. 1 di Indonesia” dan Misi yaitu,akselerasi kinerja dan transformasi bisnis yang sehat menuju digital bank dengan SDM yang berdaya saing tinggi,memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi Jawa Timur,dan menerapkan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan.Selain itu, Bank Jatim memiliki maksud dan tujuan dalam pembentukannya. Maksud dan tujuannya ialah melakukan usaha di bidang perbankan sesuai dengan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Ets...pasti diantara kalian bertanya-tanya kan mengenai tujuan dan makna Bank Jatim tersebut.Nah,didalam Bank Jatim terdapat dua aspek makna maupun tujuannya,yaitu Kegiatan Usaha Utama dan Kegiatan Usaha Penunjang.Kegiatan Usaha Utama seperti menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan dan/atau bentuk lain yang dipersamakan dengan itu.Sedangkan Kegiatan Usaha Penunjang seperti menyediakan tempat untuk menyimpan barang dan surat berharga,melakukan kegiatan penitipan untuk kepentingan pihak lain berdasarkan suatu kontrak,dan membeli sebagian atau seluruh agunan baik melalui pelelangan maupun di luar pelelangan berdasarkan penyerahan secara sukarela oleh pemilik agunan atau berdasarkan kuasa.

    Tidak hanya itu saja guys,Bank Jatim juga memiliki program-program layanan masyarakat.Salah satu program utamanya adalah berupa DPK.Nah “apa itu DPK?” DPK atau Dana Pihak Ketiga adalah program pelayanan masyakarat berupa mengali dana masyakarat yang nantinya akan dikelola dan disalurkan kembali kepada masyarakat.Selain itu,ada program pelayanan berupa dana dan kredit.Nah kalau pelayanan dana itu berupa prodak-prodak dari Bank Jatim seperti tabungan,deposito dan giro.Sedangkan pelayanan kredit seperti kredit usaha,kredit investasi,dan kredit modal kerja.

    Lalu “bagaimana peran serta Bank Jatim ini dalam kegiatan School Contest XIII?” Mungkin banyak diantara kita bertanya-tanya mengenai hal itu.Nah,peran serta Bank Jatim dalam kegiatan School Contest XIII ini dilakukan secara tersirat,yang artinya bahwa Bank Jatim memberikan edukasi kepada para pelajar untuk menumbuhkan jiwa generasi yang rajin menabung untuk menunjang investasi masa depan.

    Nah guys....itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai Bank Jatim.Ternyata cukup banyak ilmu yang kita dapatkan.Kiranya ini dapat menambah wawasan dan pengalaman kita terutama untuk para pelajar untuk semakin giat dalam menabung.

SEKIAN TERIMA KASIH

SALAM SPORTIF 6 KEDIRI

Posting Komentar

0 Komentar