SAVE PLANET, WITHOUT PLASTIC

          Hai teman-teman dimanapun kalian berada.Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai program “SAVE PLANET,WITHOUT PLASTIC”.Banyak diantara kita khususnya para pelajar sudah mengetahui bahwa hal ini merupakan suatu program yang tidak asing lagi.Tetapi,ada juga beberapa dari kita juga belum mengetahui program ini. Okey tidak apa-apa.Baiklah,kita bersama-sama akan mengulas mengenai program ini secara lebih konkrit lagi.


          Pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu “SAVE PLANET,WITHOUT PLASTIC” ? Banyak presepsi yang berdatangan mengenai program ini dari beberapa orang dan juga pelajar yang mendengar maupun memahaminya.Tidak hanya itu saja,banyak spekulasi yang berdatangan mengenai hal ini yang dimana dikaitkan dengan proses penggunaan plastik dan sebab-akibat serta dampak yang ditimbulkannya.
Akan tetapi,secara pemahaman umum dapat diartikan sebagai suatu bentuk tindakan pengevolusian lingkungan dan komponen-komponen alam lainnya yang berfokus pada suatu sistem penggunaan barang-barang berbahan plastik yang teratur dan terarah serta terprogram yang menjadi suatu tindakan fungsi guna dalam menjaga dan melestarikan alam lingkungan.

          Namun respon dunia terlambat terhadap bahaya/efek yang ditimbulkan dari banyaknya penggunaan sampah plastik.Plastik yang ditimbulkan dan diproduksi telah dikalkulasikan sehingga nyatanya hanya 9% yang didaur ulang,12% dibakar dan sisanya 75% mengotori Bumi.Penelitian juga mengungkapkan bahwa ada jutaan ton plastik mengambang di lautan setiap tahunnya.Hal tersebut jelas berdampak pada pencemaran air, mengancam kehidupan binatang dan alam, serta akan membawa hal buruk pada kesehatan manusia.

          Harus diakui, masih banyak yang salah dalam mengelola sampah plastik. Membakar sampah plastik akan menimbulkan racun dan pencemaran udara, sementara menimbun sampah plastik juga akan mencemari tanah. Kita sebagai penduduk Bumi tidak bisa menutup mata mengenai hal tersebut.Ini merupakan suatu teguran keras bagi kita semua bahwa plastik itu tidak dapat musnah.
Plastik akan hanya menjadi partikel kecil atau mikroplastik yang artinya plastik tidak dapat hilang sama sekali.

          Lalu apakah yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan dunia yang kita tinggali ini dari ancaman penggunaan plastik? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan.Salah satunya adalah dengan progam “Save Planet,Without Plastic” ini.Dari program pemahaman inilah kita akan diajarkan untuk mengurangi penggunaan plastik sedikit mungkin.
Nah teman-teman, cara mengurangi sampah plastik adalah salah satu metode yang penting diketahui manusia di era modern.Ada beberapa cara yang sangat mudah untuk menanggulangi dan mengurangi penggunaan plastik,yaitu sebagai berikut :
  1. Membawa tas belanja sendiri saat ingin berbelanja
  2. Minum dengan menggunakan Tumbler
  3. Kalau membeli jajan atau makanan ringan lainnya,jangan lupa membawa kotak makanan sendiri.
  4. Kurangi penggunaan kantong plastik
  5. Lebih baik simpan makanan di toples kaca
  6. Mengurangi Penggunaan Tisu Basah
  7. Menggunakan Produk dengan yang Dikemas dengan Beling Kaca atau Karton
  8. Tidak Lagi Menggunakan Sedotan untuk Minuman di Restoran Cepat Saji, Cafe atau Tempat Jualan Minuman
  9. Belajar Cara Daur Ulang Sampah Plastik,dan lain-lain
  10. Kalau membeli jajan atau makanan ringan lainnya,jangan lupa membawa kotak makanan sendiri.
  11. Kurangi penggunaan kantong plastik
  12. Lebih baik simpan makanan di toples kaca
  13. Mengurangi Penggunaan Tisu Basah
  14. Menggunakan Produk dengan yang Dikemas dengan Beling Kaca atau Karton
  15. Tidak Lagi Menggunakan Sedotan untuk Minuman di Restoran Cepat Saji, Cafe atau Tempat Jualan Minuman
  16. Belajar Cara Daur Ulang Sampah Plastik,dan lain-lain
          Nah itu tadi guys,seputar Program “Save Planet,Without Plastic”. Bagaimana? Apakah teman-teman siap mengikuti program ini? Dengan kita menerapkan cara tersebut,kita akan membiasakan diri kita untuk menjaga lingkungan alam yang kita tinggali ini menjadi tempat yang aman dan nyaman. Serta semuanya itu dimulai dari diri kita sendiri. Lingkungan yang kurang bersih, banjir dan penyakit dimana-mana bukan kesalahan satu individu bahkan pemerintah.


          Tapi kita semua lah yang lalai dalam menjaganya. Jika ingin lingkungan tempat tinggal sekitar jadi bersih, mulailah menjadi pribadi yang bersih terlebih dahulu. Belajar cintai lingkungan dan hindari aktivitas-aktivitas yang bisa merusak lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan produk dengan bahan plastik.

Posting Komentar

0 Komentar